Saturday, December 1

Macam Macam Kelinci Hias

Rex Rabbit
Kelinci merupakan hewan peliharaan yang tak hanya populer di Indonesia tetapi juga cukup diminati di seluruh dunia. Hewan mamalia ini memang memiliki karakter yang menyenangkan baik itu tampilan fisik maupun temperamentalnya yang jinak pada manusia jika diperlakukan dengan benar. Secara umum, kelinci dipelihara karena dua hal yakni untuk diambil daging maupun bulunya dan sebagai hewan peliharaan rumah. Berbeda tujuan juga berbeda jenis kelinci yang dipelihara. Untuk tujuan pedaging misalnya, peternak tentu akan jauh lebih untung jika memelihara kelinci yang menghasilkan bobot lebih. Sementara itu, para hobis, cenderung memilih kelinci yang tampilannya menarik tanpa memperhatikan berapa bobot kelinci tersebut. Biasanya kelinci yang dipelihara para hobis ini adalah jenis kelinci hias. Ada beragam varian kelinci hias ini. Semuanya mengandalkan tampilan yang menarik mata.

Kelinci Anggora Hingga Kelinci Lop

Jenis kelinci hias yang populer dipelihata terutama di Indonesia, yang pertama adalah kelinci anggora. Berdasarkan namanya, Anda pasti sudah bisa menebak asal dan tampilan bulu kelinci yang satu ini. Ia berasal dari Kota Ankara Turki. Sama seperti hewan yang menyandang nama”anggora”, kelinci yang satu ini juga dipenuhi bulu lembut dan lebat yang menjadikan tampilannya semakin menarik. Adapun jenis kelinci yang satu ini antara lain English Angora Rabbit, French Angora Rabbit, Satin Angora Rabbit dan Giant Angora Rabbit.
Jenis kelinci hias yang populer dipelihara di Indonesia adalah kelinci rex. Keunggulan kelinci yang satu ini adalah bulunya yang halus dan selembut beludru. Adapun jenis rex ini antara lain White Rex rabbit, Black Rex Rabbit, Pappilon Rex Rabbit dan juga Blue Rex Rabbit. Oleh karena bulunya yang cantik, selain dipelihara sebagai binatang rumahan, si rex ini juga populer diternakkan untuk diambil bulunya. Kabarnya lagi, daging rex cukup nikmat. Jadi tak jarang juga yang menternakkannya untuk diambil dagingnya.


Dutch Rabbit
Selanjutnya ada Dutch Rabbit. Kelinci hias yang satu ini tentu saja berasal dari Negeri Kincir Angin, Belanda. Bentuk kelinci ini cukup mini dan memiliki kombinasi warna yang cukup menarik antara lain abu-abu perunggu, putih, harlequin, coklat dan lain-lain. Selain Dutch Rabbit, Belanda juga punya kelinci hias yang bernama Nederland Dwarf. Ukuranya juga kecil bahkan ada yang sebesar binatang marmut. Nederland Dwarf ini memiliki 24 varian warna yang bisa Anda pilih sesuka hati. Mereka cenderung penakut tapi istimewanya sangat lincah dan juga aktif.

Selanjutnya, ada kelinci Flemish Giant. Sama seperti namanya, kelinci ini bisa dikategorikan “raksasa” sebab bobotnya bisa mencapai 11 kilogram. Secara umum, kelinci yang satu ini memang diternakkan untuk tujuan daging. Namun tak jarang juga para hobis yang memeliharanya di rumah sebab ia termasuk jinak dan lucu.

Jenis kelinci yang juga populer dipelihara adalah Lop Rabbit. Signatur kelinci mungil yang satu ini adalah telinganya yang panjang dan menggantung dari mulai pangkal kepala hingga samping pipi. Lop memiliki beragam jenis antara lain English Lop Rabbit, Holland Lop Rabbit, Dwarf Lop Rabbit, American Fuzzy Lop Rabbit, Angora Lop Rabbit dan terakhir French Lop Rabbit.

Dari Hotot Hingga N. Polish

Hotot Rabbit
Jenis kelinci hias yang juga populer dipelihara khususnya di Indonesia adalah kelinci hotot. Signatur utama varian yang satu ini adalah bulatan berwarna hitam di sekeliling matanya yang membuat ia mirip ninja. Ukuran badannya terbilang mini dan secara umum varian warna yang ditemui hanya putih. Selain hotot, ada pula Satin Rabbit. Sepintas ia mirip dengan Rex Rabbit. Hanya saja si satin rex ini memiliki bulu yang jauh lebih tebal dan juga lebat. Warna Satin Rabbit ini cukup variatif mulai dari coklat, merah, krem, perak hingga kombinasi warna hitam-putih layaknya Dalmatian.

Himalayan Rabbit
Selain Hotot dan Satin, jenis kelinci hias lainnya adalah Himalayan Rabbit. Ia memiliki badan yang serupa dengan Hotot Rabbit. Hanya saja pada telinga, wajah dan juga kakinya memiliki warna yang khas. Adapun variasi Himalayan ini antara lain Black Himalayan, Chocolate Himalayan dan Blue Himalayan. Kelinci selanjutnya adalah English Spot Rabbit. Badannya besar dan hampir seukuran dengan Rex rabbit. hanya saja bulunya jauh lebuh halus dengan varian bercak hitam, coklat dan juga kadang abu-abu. Lain lagi dengan Harlequin, jenis kelinci yang satu ini termasuk yang banyak digemari sebab ia memiliki kombinasi bulu dengan warna yang dilengkapi garis dan juga belang. Ukuran tubuhnya hampir sama dengan Rex Rabbit. Jenis terakhir adalah M. Tan dan juga N. Polish Rabbit. M. Tan Rabbit terbilang jinak dan sangat cocok dijadikan hewan rumahan. badannya mungil dengan bulu mengkilap. Sedangkan N. Polish Rabbit juga berbadan mungil dan berbulu halus. Tetapi ia terlihat lebih lucu karena telinganya yang pendek terlihat berdiri dan meruncing.

Masih ada banyak jenis kelinci hias yang bisa dipelihara di rumah. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan ditemukan ras kelinci hias yang baru lagi seiring dengan semakin giatnya para peternak mengawinkan secara silang kelinci yang satu dengan kelinci lainnya. Jika Anda hendak memelihara kelinci di rumah, ada baiknya Anda mencermati jenis kelinci hias yang “masuk” dengan selera Anda sebelum diboyong pulang. Selamat memilih!

No comments :

Post a Comment