Saturday, December 1

Makanan Untuk Kelinci Anggora

Makanan Untuk Kelinci Anggora
Kelinci Sedang Makan
Kelinci anggora memang unik. Bulunya yang halus dan tebal membuat ia makin menggemaskan. Meskipun di pasaran harganya terbilang mahal, namun permintaan pasar terhadap ketersediaan jenis kelinci cantik ini selalu tinggi. Kelinci anggora berasal dari Kota Ankara (dahulu dikenal dengan nama Kota Angora), Turki. Oleh karena ia dianggap kelinci impor, banyak yang menyangka makanan untuk kelinci anggora berbeda dari jenis kelinci lainnya. Padahal, kelinci anggora mengkonsumsi jenis makanan umum yang biasa diberikan kepada kelinci. Hal yang berbeda boleh jadi adalah cara pemberian makanan tersebut.

Perhatikan Bulunya!


Kelinci anggora memiliki bulu yang jauh lebih lebat ketimbang jenis lainnya. Bahkan ada jenis tertentu yang sampai menutupi wajah. Jenis tersebut adalah English Angora Rabbit atau Kelinci Anggora Inggris. Dengan kondisi tersebut, tentu pemberian makan pada kelinci anggora harus diperhatikan jauh lebih ekstra. Jangan sampai ia mengkonsusmi makanannya bersama bulunya. Selain makanan, yang perlu diperhatikan juga adalah masalah minuman. Air bersih harus tersedia sepanjang waktu. jauh lebih baik jika Anda menggunakan botol air yang digantung di dinding kandang dibandingkan mangkuk air sebab botol di dinding jauh lebih bersih dan menghindarkan dari masalah seperti kondisi lembab pada bulu kelinci terutama di bagian bawah dagu.


Pakan Untuk Kelinci Anggora


Makanan Untuk Kelinci Anggora
Kelinci Anggora
Makanan untuk kelinci anggora secara umum sama saja dengan makanan kelinci lainnya. Sebagai rekomendasi Anda bisa memberikan rumput kering atau Hay. Banyak buku panduan memelihara kelinci yang merekomendasikan Timothy Hay tapi sebenarnya semua jenis rumput kering bisa saja diberikan pada kelinci anggora Anda misalnya Coastal Hay, Bermuda Hay dan Orchard Grass. Jenis rumput kering seperti alfafa sebaiknya dihindari sebab mengendung kalsium yang cukup tinggi dan jika diberi berlebihan akan berdampak buruk pada kelinci Anda. Sama seperti air, sebaiknya hindari menyimpan rumput kering di dalam kandang sebab bisa membuat rumput menempel di bulu kelinci anggora. Ada baiknya jika Anda menggantung rumput tersebut di luar kandang kelinci.

Selain hay atau rumput kering, makanan untuk kelinci anggora juga bisa pellet. Tapi pastikan pellet kelinci tersebut segar. Jika baunya segar makan pellet tersebut baik untuk kelinci Anda. Tips lain bagi Anda, jangan membeli pellet dalam jumlah banyak sebab meski merupakan makanan instan, tetapi pellet yang sudah lebih dari 6 minggu telah mengalami penurunan kualitas. Pemberian pellet dilakukan sati atau dua kali dalam sehari. Jangan jadikan pellet makanan utama sebab akan membuat kelinci Anda gendut! Selain pellet, kelinci anggora juga menikmati makanan selingan seperti beberapa jenis sayuran dan buah. Sayuran bisa berupa wortel, kangkung atau daun selada. Sedangkan buah bisa apple, pisang dan lain-lain. Berikan dalam jumlah sedikit. Ingat, ini hanya selingan!

No comments :

Post a Comment

Label atas