Sunday, December 9

Memilih dan Merawat Kandang Kelinci

Memilih Kandang Kelinci
Kandang Kelinci
Kelinci peliharaan dapat ditempatkan pada kandang di luar rumah, dan bisa dibiarkan berkeliaran dalam rumah (tapi terbatas pada tempat-tempat tertentu). Kelinci dapat dilatih untuk membuang kotoran pada tempatnya, sehingga dapat dibiarkan berkeliaran dalam rumah. Kandang juga dapat berfungsi sebagai tempatnya berlindung atau sarang, dimana si kelinci beristirahat.

Ada banyak kandang yang kurang pantas untuk kelinci dijual di toko-toko. Ada yang terlalu kecil, dan banyak yang lantainya dari kawat, yang mungkin mempermudah pemilik untuk membersihkannya tapi tidak nyaman bagi si kelinci.

Seberapa Besar ?

Untuk kandang, lebih besar lebih baik. Jika si kelinci menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandang, pilihlah kandang yang cukup besar. Paling tidak ukuran sebuah kandang kelinci harus lebih besar 4 kali dari ukuran si kelinci.

Bentuk Kandang

Kelinci dapat dilatih unutk membuang kotorannya, jadi lantai kandang yang keras dapat digunakan dan tidak sulit dibersihkan. Banyak kandang kelinci yang lantainya masih terbuat dari kawat daripada yang terbuat dari papan yang bisa ditarik, yang ditujukan agar lebih mudah dibersihkan. Bagaimanapun juga lantai dari kawat kurang baik untuk kelinci, karena dapat menyebabkan memar atau luka. Lantai kawat harus ditutup sebagiannya dengan kayu, rumput, atau kesetan kaki.

Pintu kandang harus cukup besar untuk memasukkan tempat kotoran (dan si kelinci) dengan mudah. Pintu disamping lebih baik daripada pintu diatas akan membuat si kelinci lebih sulit keluar kandang (sebaiknya pintu dibuat agar si kelinci dapat masuk dan keluar dengan sendirinya). Sisi-sisi lubang/pintu sebaiknya halus, atau dilapisi plastik.


Jika memungkinkan, kandang dapat dibuat sendir, sehingga kita dapat memilih bentuk yang kita mau.

Tempat Tidur / Tempat Kotoran

’Karpet’ dari rumput atau dedauan dapat digunakan untuk kandang berlantai keras, selain untuk menambah variasi. ’Selimut’ dari bahan tekstil tidak terpakai juga pantas. Potongan karpet atau handuk juga bisa membuat tempat tidur yang baik, selama si kelinci tidak mengobrak-abrik atau memakannya.

Seperti halnya hewan peliharaan lain, serutan pohon cedar dan pinus (umumnya digunakan di Amerika Utara dan Eropa) sebaiknya dihindari karena mengeluarkan getah aromatik. Getah ini dapat meningkatkan jumlah enzim hati si hewan peliharaan, yang dapat berefek pada metabolisme tubuhnya. Jika memang harus memakai serutan kayu, lebih baik gunakan kayu yang keras seperti pohon aspen, misalnya. Jerami atau rumput kering juga termasuk pilihan yang baik.

Tips Membersihan Kandang

Pembersihan Sehari-hari
  1. Buang sisa-sisa makanan dari kandang tiap pagi dan malam.
  2. Ganti rumput kering pada kandang setiap hari – terutama yang basah atau kotor.
  3. Cuci tempat makan, dan cuci lalu isi ulang tempat minumnya.
  4. Bersihkan dengan seksama, jangan sampai ada yang kurang bersih. Ini akan membantu dalam pembersihan mingguan.
  5. Periksa dan buang atau ganti dan cuci tempat kotorannya seperlunya.
Pembersihan Mingguan
  1. Keluarkan semua aksesoris (barang-barang) dalam kandang.
  2. Keluarkan tempat tidur dari kandang.
  3. Bersihkan kandang dengan air panas (gunakan cuka untuk membersihkan bekas urin).
  4. Cuci tempat makan, tempat air, tempat tidur (jika yang permanen) dan tempat kotoran dengan air panas.
  5. Bersihkan mainan dan alat-alat lain dalam kandang yang kotor dengan seksama.

No comments :

Post a Comment