Mengenal Kelinci Rex

Rex Rabbit
Rex Rabbit
Anda pernah mencoba daging kelinci? Kabarnya, rasanya nikmat dan istimewanya minim koletserol. Di Indonesia, konsumsi daging kelinci masih sangat rendah. Padahal di jaman Presiden Soeharto, program pengenalan terhadap daging kelinci (saat itu flemish giant) tengah digiatkan. Sayangnya, program tersebut gagal menampilkan kelinci sebagai sumber daging alternatif yang murah dan sehat bagi rakyat Indonesia. Jika berbicara mengenai kelinci pedaging, pasti tak akan luput dari jenis kelinci rex. Varian kelinci yang satu ini memang populer diternakkan. Pasalnya dagingnya terkenal nikmat dan bobot tubuhnya juga di atas bobot kelinci biasa. Istimewanya, bulu kelinci yang satu ini cukup diminati. Jadi jika peternak jeli, ia bisa menjual daging juga bulu kelinci rex.

Bulu Sehalus Beludru

Salah satu hal yang menjadikan kelinci rex diminati di dunia internasional adalah faktor bulunya yang lembut sehalus belundru. Kualitas bulu ini akan semakin baik jika kelinci rex dipelihara di suhu yang berkisar di angka 5 sampai 15 derajat celsius. Kabarnya, semakin rendah suhu lingkungan maka semakin baik pula kualitas bulu si rex. Di Eropa, bulu kelinci rex semakin diburu sebab para aktivis lingkungan sudah sangat gencar mengkritik penggunaan bulu hewan langka sebagai bahan baku industri. Bulu kelinci rex merupakan alternatif cerdas dan kini mulai banyak dicari. Bulu ini kabarnya sangat cocok digunakan sebagai bahan baku pakaian, jaket, mantel, dompet, sepatu dan barang-barang lainnya. Jadi, menternakkan rex tentu memberi keuntungan berlipat.

Mengenal Jenis Kelinci Rex

Kelinci Hias Jenis Rex
Rex Rabbit
Kelinci rex juga dikenal dengan nama Ermine Rex. Pada awal mula kemunculannya yakni pada tahun 1980-an di Amerika Serikat, rex hanya populer digunakan sebagai binatang peliharaan dan juga binatang kontes. Tampilan kelinci yang satu ini memang apik. Bulunya memikat dan temperamentalnya cendererung jinak pada manusia jika diperlakukan secara benar. Sebagai hewan peliharaan, kelinci rex dikenal sangat lucu. Ia biasanya beridiri dengan topangan dua kakinya layaknya hewan kangoro.

Ada beragam jenis kelinci rex ini. Varian yang paling populer adalah White Rex atau kelinci rex berwarna putih. Sedangkan varian lainnya adalah blue rex, black rex, havana rex, cinnamon rex, mini rex, dalmatian rex, smoke pearl rex, harlequin rex, castor rex, lynk rex, california rex dan masih banyak lagi lainnya. Yang paling unik dari semua varian kelinci rex boleh jadi si dalmatian rex. Bobotnya bisa mencapai 3 hingga 5 kilogram. Bulunya merupakan kombinasi warna hitam dan putih. Para hobis sering pula menamainya kelinci rex totol-totol.

0 comments:

Post a Comment