Cantik & Bebas Stroke


Suci Indah Ruwaida

Demikian hasil studi di Indiana University School of Medicine, AS. Menurut para ahli, Botox menyimpan khasiat pengobatan yang begitu besar, tak hanya untuk kecantikan, tapi juga untuk kesehatan.

"Selain mampu menghilangkan kerut di wajah dan bagian tubuh lain, Botox juga mampu memperbaiki sistem saraf tubuh, lho. Ini sangat baik untuk penderita stroke," kata Dr. Allison Brashear, profesor ahli saraf.


Pada studi tahap awal, ternyata Botox mampu memperbaiki sistem saraf pergelangan tangan dan kepekaan penderita stroke. "Sekitar 62% pasien mengalami perkembangan signifikan berkat Botox," kutip The New England Journal of Medicine.

Seperti diketahui, banyak penderita stroke yang menderita kelumpuhan pada separo tubuhnya. Mereka bahkan tak dapat menggerakan bagian tangan dan jari-jemari, sehingga tak mampu makan dan ganti pakaian sendiri.

"Pemberian obat tertentu memang memberi sedikit kelegaan, tapi kadang menimbulkan efek samping seperti kelelahan dan rasa ngantuk," ujar Brashear. "Tapi dengan Botox, dalam waktu 12 minggu, perkembangan mereka sangat menakjubkkan."

Paling tidak, hal itu terbukti pada 126 penderita stroke, yang telah diberikan 240 unit Botox. Kondisi mereka jauh lebih baik, bisa bergerak kembali, terhindar dari rasa sakit yang berlebihan, serta mampu melakukan berbagai aktivitas.

Namun begitu, penggunaan Botox atau botulimun toxin A untuk kepentingan itu (pasien stroke), masih belum mendapat persetujuan FDA AS. "Ada aturan khusus penyuntikan Botox pada pasien," kata Dr. Mark F. Gordon dari RS. Long Island Jewish, AS.

Pemberian Botox secara berulang-ulang seperti itu, imbuhnya, dikuatirkan menimbulkan problem lain. "Hal itu memungkinkan tubuh membentuk antibodi yang justru akan menyebabkan proses terapi (pengobatan) gagal total," ujar Gordon.

Sebagai informasi, terapi Botox juga sudah masuk ke tanah air. Beberapa pusat kecantikan dan rumah sakit di Jakarta, sudah memberi pelayanan tersebut, tapi masih terbatas pada tujuan kosmetis.

0 comments:

Post a Comment