Monday, February 25

Lima Kiat Menjaga Kesetiaan

Lima Kiat Menjaga Kesetiaan

Ada pasangan yang ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hubungan mereka karena terasa sesuatu yang "kurang", tetapi tidak ada salahnya melihat beberapa hal yang perlu diperiksa sebelumnya. Ada lima kiat yang dapat diikuti untuk menjaga kesetiaan dalam hubungan Anda.


Pertama, jangan biarkan rasa kesepian melanda diri Anda. Banyak para istri dan ibu muda yang merasa kesepian karena merindukan kehadiran suami yang sering bepergian untuk keperluan dinas atau yang gila kerja sambil mengejar karir sehingga dapat terjadi kekurangan perhatian terhadap keluarga. Anda tidak perlu merasa kecil hati dan sebaiknya, Anda membicarakan rasa kesepian dengan pacar atau suami Anda. Jangan ragu-ragu mengingatkannya betapa pentingnya menjaga kelangsungan hubungan bersama karena hal ini tidak kalah penting dengan pekerjaan di perusahaan suami atau pacar Anda. Untuk melawan rasa kesepian, cobalah kegiatan lain seperti mengambil kursus atau mencari pekerjaan paruh waktu. Bagi Anda yang masih keluarga baru, bayi yang kini sedang memakai popok sudah pasti akan tumbuh lebih besar dan tidak memakai popok lagi dan menjelang masa remajanya, Anda akan pasti teringat pada saat-saat awal Anda adalah pusat perhatian dunia mereka.

Kedua, jagalah sikap Anda dengan orang lain guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Memang tidak ada salahnya menunjukkan kelebihan Anda seperti kecerdasan, kejenakaan sekaligus sikap seksi kepada teman-teman lain tetapi tentu saja ada batasnya. Hal ini harus diwaspadai bila kelebihan Anda tertuju kepada seseorang. Perubahan besar dalam hidup seperti pindah rumah atau menggantikan pekerjaan dapat memicu rasa tunjuk diri dan disebabkan oleh adanya kekurangan perhatian dari suami atau pacar Anda.

Ketiga, sebaiknya Anda menjaga perasaan teman-teman Anda karena sebaik-baiknya hubungan antara pria dan wanita yang memang sahabat baik, ada jarak yang harus tetap dijaga. Penyelewengan dalam hubungan bukan hanya berkaitan dengan hubungan seks, tetapi juga dengan hubungan persahabatan. Persahabatan antara pria dan wanita bukan berarti memicu penyelewengan, tetapi ketidakjujuran dan rasa perjauhan dalam hubungan Anda dapat menumbuhkan benih-benih yang menjurus ke penyelewengan.

Masalah dalam hubungan dapat diketahui apabila Anda cenderung menghabisi waktu bersama teman daripada pasangan Anda. Ada masalah pula jika Anda tergoda berbohong pada pasangan anda tentang waktu yang dihabiskan bersama teman. Rasa perjauhan dapat melanda diri kita dan dengan mencari sumber permasalan, maka ini dijadikan kesempatan baik untuk memperbaiki dan memulihkan hubungan hingga sehat kembali. Kadang-kadang kita perlu berbicara, bertengkar, meminta bantuan atau counseling. Kalau masalah Anda lebih sering tertuang pada teman daripada bersama pasangan Anda, sudah waktunya Anda mencari sebabnya.

Keempat, sisihkan waktu untuk istirihat bersama pasangan Anda terutama mengambil liburan yang dapat menyegarkan kembali hubungan Anda. Manfaat dari istirahat bersama selama liburan tidak dapat diremehkan. Pekerjaan yang dilakukan oleh banyak pasangan seringkali melebihi irama kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat dimaklumi mengingat bahwa karir kita adalah sumber nafkah untuk menghidupi keluarga dan memungkinkan kita menikmati hidup dengan lebih optimal. Tetapi seringkali pekerjaan kita yang terasa terus menumpuk terbawa ke rumah. Memang sulit bagi Anda untuk mengungkapkan rasa cinta dan kasih sayang dengan segala rasa kelelahan yang ada.

Pada saat garis batas antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga mulai memudar, itulah saatnya bagi Anda berdua untuk mengambil sekaligus memanfaatkan liburan sebaik mungkin. Berlibur ke resor atau bepergian ke daerah pegunungan dapat mengingatkan kita pada rasa cinta kita yang pertama dan urusan rumah tangga dapat dilupakan untuk sementara waktu karena kali ini hanya karyawan resor yang ditemui selama liburan bukan karyawan kantor. Don't worry, be happy! Disinilah unsur petualangan dan eksplorasi sudah sepantasnya dihidupkan kembali seperti saatnya pertama kali Anda berkencan. Kedua unsur ini tidak kalah pentingnya dalam hubungan Anda sekarang guna memantapkan hubungan tersebut.

Kelima, cobalah untuk membicarakan segala masalah serta suka duka bersama pasangan Anda. Anda berdua dapat berbicara keras-keras, dengan halus sampai tidak kunjung habis karena cinta merupakan suatu dialog. Dialog mungkin tidak menarik, tidak indah dan tidak enak didengar tetapi dari segi baiknya, dialog menunjukkan kejujuran yang diimbangi dengan kebaikan.

Disinilah kuncinya kelangsungan hubungan karena adanya komunikasi yang kontinu antara pasangan setiap hari, setiap hari dan ini turut mencegah terjadinya penyelewengan dalam hubungan Anda.

No comments :

Post a Comment