Monday, February 25

Mengatasi Patah Hati

Mengatasi Patah Hati

Saat sepasang kekasih putus hubungan, keduanya akan merasakan sakit hati, baik yang diputuskan maupun yang memutuskan. Biasanya reaksi yang terjadi adalah ‘aku tak mau lagi mengalami hal ini’ atau ‘aku yakin bisa mengatasinya’. Para psikolog merekomendasikan reaksi ke dua.


Tekad tersebut akan membuat orang yang patah hati menjadi lebih mudah menjalani tahapan yang harus dilalui, yaitu pengingkaran (tak percaya telah putus), sakit hati, marah, dan kemudian menerima kenyataan.

Semua itu perlu waktu, dan bisa dipersingkat dengan tips berikut:

  1. Jangan biarkan mantan memenuhi ingatan Anda dan hindari menelponnya.
  2. Lakukan sesuatu untuk orang lain, misalnya menjadi sukarelawan di dapur umum, aktivitas keagamaan, rumah jompo dan sebagainya. Memberikan sesuatu pada orang lain yang membutuhkan akan memberikan perasaan nyaman.
  3. Manjakan diri dengan lulur, pijat atau fasilitas lain yang menyenangkan dan membuat tubuh rileks.
  4. Binatang piaraan. Binatang piaraan akan memberikan cinta tak terbatas kepada Anda.
  5. Tulis apa yang bisa Anda pelajari dari hubungan tersebut. Apa saja penyebabnya dari pihak Anda sehingga di kemudian hari sudah punya gambaran seperti apa hubungan yang Anda inginkan.
  6. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga untuk menghilangkan rasa kesepian.
  7. Belajar sesuatu yang baru, dengan mengikuti kursus atau menciptakan hobi baru.
  8. Jika kalian saling memberikan barang, lebih baik saling mengembalikan.
  9. Temukan cara untuk menyalurkan energi kemarahan Anda, misalnya meditasi, olahraga atau latihan tinju.
Yang perlu Anda sadari, adalah normal saat kehilangan pasangan ada perasaan sedih, marah dan frustasi. Lalu takut akan terulang lagi. Namun suatu akan tercapai tahapan di mana Anda bisa menerima dan mengerti bahwa putus adalah resiko yang menyertai setiap hubungan.

Orang yang telah berhasil menyembuhkan sakit hatinya seringkali tak menyangka sebelumnya kalau bisa bangkit lagi. Padahal asal mau, pasti mereka bisa membuka hati dan jatuh cinta lagi.

No comments :

Post a Comment