Monday, February 25

Payudara, Mitos dan Fakta

Mitos dan Fakta Payudara Wanita

"Pandangan pertama ke wajah, kedua ke payudara." Anda pernah mendengar ungkapan itu. Ya, ini semacam simbol bahwa hampir sebagaian besar pria melihat wanita dari wajahnya dahulu, baru ke payudara. Yang lainnya, tak begitu penting. Tapi, kenapa payudara menjadi begitu berharga?


Payudara sebenarnya lebih sebagai kepunyaan pria. Artinya, walau wanita menjaga dan merawatnya tak lebih sebagai wujud perhatian akan nilai "benda" itu di mata pria. Tentu, pendapat ini amat genderis, tapi agak susah juga ditampik. Payudara -sebagai ikon sensualitas tubuh wanita-- lebih ditentukan pada bagaimana persepsi laki-laki atas "benda" itu. Tak heran, jika akhirnya, mitos pun mengelilingi seputar payudara.

Ukuran payudara wanita, entah itu besar ataupun kecil, tidak ada hubungannya dengan tabiat seksual si empunya, melainkan keturunan dan warisan keluarga. Memang, teknologi bisa saja memanipulasi ukuran payudara, yang kecil menjadi besar. Akan tetapi perlu diketahui, bila hal ini dilakukan pun tetap saja takkan merubah bentuk dan modelnya.

Khusus untuk ibu-ibu yang sekarang ini sedang menyusui, janganlah bersikeras tak mau memberikan ASI kepada buah hati Anda. Jangan takut, dengan atau tanpa menyusui bayi, sehabis melahirkan, semua payudara takkan sekencang seperti sediakala.

Kekencangan payudara ditentukan oleh kekencangan otot dinding dada, jaringan ikat, dan perawatannya sendiri. Tidak benar juga kalau wanita yang tak pernah menyusui bayi, payudaranya akan lebih sensitif ketimbang wanita menyusui, sebab, tidak ada hubungan antara menyusui bayi dengan kepekaan payudara, meskipun ada juga wanita yang memperoleh orgasme lebih dari payudaranya.

Janganlah minder dengan ukuran payudara yang kecil, yang menurut Anda tak memenuhi standar dan tak seksi. Perlu diketahui, tidak semua pria menyukai bentuk payudara yang besar. Pria yang menyukai payudara gede itu sama banyaknya dengan pria yang menyukai payudara berukuran sedang-sedang saja, bahkan banyak juga pria yang menyukai payudara mungil.

Jadi, salah jika wanita berduyun-duyun memperbesar payudara. Sebab, belum tentu calon suami atau pasangan Anda menjadi suka atau lebih menyukai payudara yang telah dibesarkan. Janganlah Anda percaya bahwa payudara kiri wanita itu lebih sensitif dan lebih peka ketimbang yang kanan. Tidak semua payudara wanita begitu. Memang, tak semua payudara wanita mempunyai sensitivitas yang sama atau peka rangsangannya, ada juga wanita yang payudaranya sama sekali tidak sensitif. Tidak ada perbedaan anatomi dan faal payudara sebelah kiri dengan kanan. Keduanya sama. Sehingga tentu saja tidak ada perbedaan sensitifitas antara keduanya.

Jangan percaya bahwa puting yang besar itu lebih sensitif dibanding puting kecil. Itu tidak benar, sebab sensitivitas payudara tak ditentukan besar-kecilnya puting. Kalaupun ada puting payudara yang bentuknya kecil dirasakan lebih sensitif ketimbang yang besar, ini tergantung dari payudara itu dijadikan area erogen oleh si empunya atau tidak. Jika area ini tergolong erogen, tentu akan terasa lebih sensitif, tidak ada hubungannya dengan puting besar atau kecil.

Memang banyak wanita yang bentuk payudaranya tak sama besarnya-dalam arti besar sebelah. Karena tak ada payudara yang persis simetris 100%. Ini normal saja, tidak ada hubungannya dengan selera seks atau penyimpangan seksual.

Sebaliknya, jangan pula percaya bahwa bentuk dan ukuran payudara yang mungil dan kecil itu mempunyai kepekaan terhadap rangsangan yang lebih tinggi dibanding yang besar. Tidak selalu payudara begitu, sebab hal ini ditentukan juga oleh payudara seseorang tergolong area erogennya atau bukan. Jika benar merupakan area erogen, maka payudara yang besar bisa kurang sensitif ketimbang yang lebih kecil.

Mungkin hal ini disebabkan sistem sarafnya, karena payudara besar berarti memiliki lebih banyak jaringan kelenjar susu dan lemak, sehingga dilayani oleh lebih sedikit saraf dibanding dengan yang lebih sedikit jaringan kelenjar dan lemaknya pada payudara berukuran kecil.

Nah, bagaimana dengan mitos-mitos yang telah terlanjur beredar? Banyak salahnya, kan? Jadi, santai saja ya dengan ukuran payudara Anda.

1 comment :

  1. I think your blog is very nice and thanks for your blog
    poker88

    ReplyDelete