Tuesday, February 26

Penyakit Seksual Kebal Obat

Penyakit Seksual Kebal Obat

Demikian laporan Public Health Laboratory Service (PHLS), Inggris. "Bakteri yang menyebabkan penyakit ini menjadi lebih resisten pada antibiotik," kata Dr. Kevin Fenton, konsultan epidemiologis di PHLS.

PHLS membuat skema untuk memonitor level resistensi penyakit itu di Inggris dan Wales. Hasilnya sangat mengejutkan, penyakit ini ternyata resisten terhadap dua jenis antibiotik yang banyak dipakai, yakni ciprofloxacin dan penicillin.

"Secara umum, memang hanya 1,8 % contoh bakteri yang kebal terhadap ciprofloxacin. Tapi di Northern dan Yorkshire angkanya sangat tinggi, yakni mencapai 6.5%, sedang di North West sebesar 4.4%. Resistensi terhadap penicillin mencapai 9.4% sampel."

Untuk itu, Fenton, mengatakan para ahli kini sedang berusaha mencari alternatif pengobatan. "Sebab jika dibiarkan, bisa menyebabkan komplikasi penyakit pelvic inflammatory, sakit pelvis kronis, kehamilan ektopik, neonatal atau infertilitas."

Berdasarkan data, di Inggris, gonorrhoea banyak menyerang pria usia 20-24, wanita usia 16-19 dan gay serta biseksual. Penderita penyakit ini terus meningkat, hingga pada 2000, jumlahnya bertambah 27%.

Infeksi penyakit ini dapat menular lewat senggama maupun seks oral. gawatnya,gejala gonorrhoea tak kasat mata dan rasa, hingga membuat orang yang terinfeksi tak menyadarinya. Hati-hati saja!

No comments :

Post a Comment