Tuesday, February 26

Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Vagina Kering dan Cara Mengatasinya

Selain menopause, vagina kering bisa disebabkan oleh stres, infeksi jamur dan bakteri tertentu, infeksi kelenjar gondok atau pemakaian pil KB. Vagina juga cenderung kering sehari atau dua hari menjelang datang bulan. Kondisi ini menimbulkan ketidaknyamanan dalam berhubungan seksual serta menyebabkan vagina terasa gatal atau terbakar.

Banyak cara untuk mengatasinya, dari yang alami sampai aplikasi pelembab buatan. Yang jelas, tubuh Anda perlu masukan cairan yang cukup untuk melembabkan seluruh bagian. Selain banyak minum, juga dibutuhkan stimulasi seksual, oleh pasangan atau swalayan.

Stimulasi pada klitoris merupakan cara efektif untuk melembabkan vagina. Anda juga bisa menggunakan saliva (air liur) dengan menggunakan jari. Sayangnya cara ini terkadang bisa menularkan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Cunnilingus (oral seks pada wanita) dianggap paling efektif, karena pasangan memberikan stimulasi pada klitoris dan sekaligus melembabkan vagina dengan salivanya. Umumnya wanita lebih mudah mendapatkan orgasme, bahkan lebih dari sekali.

Gaya hidup modern menyediakan pelembab buatan dalam bentuk jeli, umumnya dikemas dalam tube. Sayangnya pelembab buatan ini tidak mudah ditemukan di tempat umum. Biasanya bisa didapatkan lewat pemeriksaan dokter. Hal ini disebabkan vagina adalah organ yang amat sensitif dan sensitivitas tiap wanita berbeda.

No comments :

Post a Comment