Thursday, March 7

Memperoleh Rp 1.000.000 Seminggu dengan Sebuah Kamera



Bagaimana Memperoleh Rp 1.000.000 Seminggu dengan Kamera Anda?

Jika anda ingin kini mau mencapai kebebasan keuangan, oleh karena itu anda harus mencari ide untuk membuat bisnis sendiri. Salah satu peluang lumayan ialah menjadi juru foto bebas. Jika anda berusaha bersungguh-sungguh anda bisa mendapat antara Rp500.000 ~ Rp1.000.000 seminggu.


Sebagai permulaan apa yang anda perlukan ialah kamera yang sederhana harganya. tapi mutu kamera harus di ambil perhatian karena sebagian kamera yang murah menghasilkan foto yang tidak jelas. Anda juga memerlukan lampu spotlight dan stand, dan sebuah kamar hitam-putih sebagai studio anda. Tidak perlu membeli peralatan yang canggih, sebagai juru foto bebas yang penting ialah kualitas foto yang anda ambil dan bukannya perabot kayu yang berkilat – ia tidak memberi arti apa-apa kepada pelanggan anda.

Berapa banyak uang yang anda dapat adalah tergantung kepada usaha yang anda mau berikan dalam bisnis ini. Kelebihan sebagai juru foto bebas ini ialah anda dapat mencari pasaran anda sendiri dan menetapkan harga anda sendiri. Jika anda hanya mahu bekerja pada ujung minggu, anda bisa memperoleh antara Rp1.000.000 sehingga Rp2.000.000 dengan mengambil foto-foto perkawinan secara paket. Jika anda mengambil keputusan untuk menjadi pekerjaan utama/pokok, anda bisa memperoleh Rp50.000.000 atau lebih tergantung kepada kepakaran anda. Ia tergantung kepada satu perkara, kepandaian anda menggunakan kamera untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Orang sanggup membayar harga yang tinggi jika hasil kerja anda cukup memuaskan.

Dalam panduan ini kami menganggap anda sudah mengetahui bagaimana menggunakan kamera, mengambil foto, pancaran lampu, komposisi dan tehnik kamar gelap. Kemudian anda perlu tahu bagaimana membuat uang dengannya.

Peraturan pertama yang perlu diingat ialah anda harus jujur dengan kerja yang dilakukan. Jika anda ditawarkan kerja tetapi anda tidak begitu mahir, katakan saja tidak dan terangkan apakah keahlian yang anda miliki. Apabila anda mendapat tawaran yang akan datang, reputasi anda akan diambil peduli dan sudah pasti beliau akan kembali semula 1) kerana beliau percaya dengan kejujuran anda 2) kerana jika anda berkata bisa berarti anda bisa mengerjakannya.

IKLANKAN KERJA ANDA PADA PORTFOLIO

Buat portfolio yaitu iklan kerja anda pada satu kertas yang berwarna dan hitam putih berukuran 8x10 untuk ditunjukkan pada calon pelanggan anda. Portfolio yang bagus haruslah di isikan dengan foto/slides beukuran 35mm. Tayangkan pada kartu berukuran 8.5x11 yang dilapisi dengan plastik yang bisa di isi sebanyak 20 slides.

Apabila anda sudah merasa puas dengan portfolio anda, telpon agen periklanan dan tunjukkan kepada pengurus artis mutu kerja yang anda bisa lakukan. Buat temujanji dengan toko-toko butik dan toko-toko pakaian di pusat perbelanjaan. Jangan lupa untuk berjumpa dengan industri dan pabrik-pabrik yang mungkin akan menggunakan jasa anda.

Bersedia untuk menunjukkan portfolio anda pada setiap waktu. Setiap orang adalah calon pelanggan dan anda tidak tahu kapankah masanya anda akan berjumpa mereka. Bawa portfolio anda dalam mobil pada setiap waktu. Jika anda berbangga dengan kerja anda, tunjukkan!


TAHU BAGAIMANA HENDAK MELETAKKAN HARGA

Perkara utama yang perlu diingat ialah anda menjalankan bisnis bukanlah untuk memberikan dengan gratis. Anda harus tahu apakah harga yang patut diletakkan yang sesuai dengan mutu kerja anda.

Anda mungkin telah menghemat sedikit biaya apabila bergerak secara sampingan tanpa perlu membayar sewa studio dan membayar gaji pekerja, tetapi anda mestilah tahu harga yang sepatutnya supaya anda bisa membayar dana dan usaha anda mendapat keuntungan sewajarnya.

Dua cara untuk mendapatkan upah 1) Anda bisa meletakkan harga bagi setiap kerja – yaitu mengikut jumlah film yang digunakan 2) Anda bisa meletakkan harga bagi setiap jam yang setimpal dengan kerja dan bakat anda. Harga ini tidak termasuk harga film, mencuci dan sebagainya.


BUAT RP. 50.000.000 SETAHUN BEKERJA SATU HARI SEMINGGU

Sama ada ekonomi baik atau tidak- pasti akan ada orang yang berkawin dan kerja untuk juru foto bebas.

Iklan dari mulut ke mulut adalah alat pemasaran yang terbaik walau apa pun produk yang anda jual. Ia akan menjadi semakin cepat jika anda mengambil foto pengantin dan meletakkan harga Rp1.000.000 bagi setiap foto untuk kedua-dua keluarga, foto dinding dan album istimewa untuk pengantin. Kemudian apabila mereka mengundang kawan-kawan untuk melihat, disinilah saham anda akan mulai meningkat.

Anda juga bisa menunjukkan hasil kerja anda kepada kedai bunga dan kedai-kedai pengantin, butik dan katering yang terlibat secara langsung dengan perkawinan.

Hanya beritahu kepada mereka bahawa anda dengan besar hati untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada khalayak ramai dan minta mereka membuat perkara yang sama.


MELETAKKAN HARGA

Pastikan bahawa pengantin mengerti bagaimana anda meletakkan harga dan apa yang mereka akan dapat sebagai keuntungannya. Beberapa cara yang dapat anda lakukan:

  1. Tawarkan paket penuh daripada majlis berias, berarak, bersanding dan makan-makan
  2. Majlis bersanding dan makan-makan saja
  3. Majlis bersanding saja  
Untuk perhatian anda, majlis perkawinan adalah lubuk duit bagi juru foto bebas. Biasanya juru foto meletakkan harga Rp500.000 paling murah untuk mengambil foto sebanyak 5 gulung film. Jika anda mendapat dua pesanan pada harga yang minimal setiap minggu , anda bisa memperoleh Rp52.000.000 setahun. Bagi paket penuh , anda bisa mendapat sehingga Rp100.000.000 setahun! Ia hanya bekerja sehari seminggu! Coba bayangkan berapakah yang anda peroleh jika anda bekerja secara rutin!

KERJA-KERJA LAIN YANG BISA DIAMBIL

Antara beberapa kerja yang bisa difikirkan oleh setiap juru foto bebas:

  1. Mengambil foto anak-anak sekolah, TK dan sebagainya.
  2. Mahasiswa yang mengambil ijazah atau diploma (wisuda).
  3. Agen-agen hartanah
  4. Agen-agen periklanan
  5. Potret keluarga
  6. Potret binatang peliharan
  7. Acara-acara olahraga
  8. Foto potret kanak-kanak

No comments :

Post a Comment