Thursday, March 7

Tiga Rahasia Mencari Uang Yang Banyak di Rumah

Tiga Rahasia Mencari Uang Yang Banyak di Rumah

Peluang Membina Kehidupan Yang Lebih Cemerlang

Banyak orang yang menganggap mencari uang untuk disimpan atau diinvestasikan sebagai satu masalah besar. Tetapi kita harus melihat masalah ini sebagai satu peluang, bukannya sebagai satu halangan. Peluang ini datang dalam tiga bentuk:

  1. Mengamalkan tabiat berhemat cermat
  2. Mengurangi perbelanjaan
  3. Menambah penghasilan
Bagi orang-orang yang bermotivasi, objektif-objektif ini mudah dicapai tanpa mengenal batas umur dan keahlian. Mari kita kaji satu persatu:

1. Mengamalkan Tabiat Berhemat Cermat

Satu perkara yang sangat sukar dilakukan pada awalnya, tapi dengan mudah ia bisa menjadi tabiat yang baik ialah menyimpan sebagian daripada penghasilan anda.. Disiplin seperti ini sangat baik, karena ia tidak memberi peluang kepada anda untuk memboroskannya.

Sebaiknya uang itu dimasukan kedalam rekening yang tidak mudah dikeluarkan. Uang ini seharusnya disimpan untuk diinvestasikan, dan tidak wajar jika ia digunakan untuk perbelanjaan anda sehari-hari walaupun dalam keadaan terdesak.

Mungkin anda tidak setuju dengan cara ini, karena biasanya perbelanjaan anda melebihi apa yang anda perolehi, tetapi anda dinasehatkan supaya melakukannya mulai sekarang.

Mungkin anda juga bertanya, berapa banyak jumlah uang yang perlu disimpan. Sebaiknya agar anda mulai menyimpan setidak-tidaknya 10 persen daripada penghasilan yang anda peroleh.

Dalam waktu yang singkat, jumlah simpanan uang anda akan menjadi banyak dan ini akan memberi semangat kepada anda untuk menyimpan dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

2. Mengurangi Perbelanjaan


Kita selalunya membelanjakan uang untuk banyak perkara. Diantaranya memang perbelanjaan yang sangat diperlukan seperti sewa rumah, membeli makanan, membayar rekening-rekening tagihan dan membeli pakaian. Dan ada juga di antaranya yang membelanjakan kepada hal-hal yang tidak begitu perlu, tetapi kita lakukan juga seperti memvariasi kendaraan, membeli hiasan rumah dan ada juga diantaranya yang berbelanja untuk keperluan yang mewah, padahal perkara tesebut sebenarnya tidak diperlukan dan bisa di ketepikan dulu.

Rahasia untuk mengurangi perbelanjaan ialah dengan cara menilai semula keseluruhan perbelanjaan dan memotong perbelanjaan yang tidak diperlukan atau di ketepikan dulu tanpa mengganggu mutu hidup anda. Bukannya tidak boleh melancong atau makan diluar, tetapi sebaiknya waktu luang itu digunakan untuk merancang keuangan anda.

Ada juga perbelanjaan yang tersembunyi, contohnya anda bisa menghemat penggunaan gula, dan mengurangi merokok. Sebenarnya dengan cara ini tanpa di sadari anda bisa menghematkan berjuta-juta rupiah setahun. 


Antara perkara yang bisa dihematkan ialah seperti berikut:

Sewa Rumah 

Pindah kerumah yang harga sewanya lebih murah, atau membeli rumah sendiri karena ia lebih menguntungkan untuk jangka waktu yang panjang.

Kartu kredit Bayarlah secepat mungkin untuk menghindari bertimbunnya bunga. 

Perabot Rumah  
Gas, listrik, minyak tanah atau bahan api harus digunakan dengan hemat. Ringkaskan percakapan melalui telepon, atau anda menggunakan telepon pada waktu malam kecuali untuk waktu darurat. Menelepon pada waktu malam sangat menghematkan karena biayanya lebih murah. 

Makanan  
Membeli makanan yang banyak sekaligus adalah lebih murah. Beli dari pasar minggu atau pasar malam. Kurangi makan yang berlemak sebab biasanya lebih mahal. Sebaliknya makanlah makanan yang berkhasiat tetapi lebih murah. Jika ditempat kerja anda ada kantin, anda boleh makan dikantin supaya dapat mengurangi makan diluar. 

Pakaian  
Membeli baju yang berkualitas dan tahan lama adalah lebih baik darpada terlalu sering membeli baju yang murah tetapi cepat rusak. 

Mobil  
Jika jarang menggunakannya tidak usah membelinya. Jika memang selalu menggunakannya, belilah model yang ekonomis. Servis dan perbaiki sendiri apa yang kita mampu. Cuci sendiri mobil anda. Dan harus Selalu mengetahui harga servis mobil dan harga onderdilnya. 

Rekreasi  
Pergi berekreasi ditempat yang dekat dan ongkosnya lebih murah.
 

Contoh di atas adalah sebagian pengorbanan kecil yang dapat membantu dan menghematkan uang. Ia tidak akan mengganggu kualitas hidup anda pada waktu sekarang, tetapi memberi keuntungan yang banyak untuk kemewahan pada masa depan.

3. Menambah Penghasilan
 

Selain usaha berhemat, anda juga harus menambah penghasilan. Usaha menambah penghasilan tampak sukar, tetapi jika anda mau mencoba ia tidaklah begitu sukar. 

Tugas pertama jika anda mau mencari sumber untuk meningkatkan penghasilan ialah mengenali dengan tepat apakah yang anda sukai dan anda dapat melakukan perkara tersebut dengan baik. 

Setiap orang mempunyai keahlian, biasanya mereka mempunyai satu atau dua keahlian utama dan beberapa (bakat) kecil. Keahlian melahirkan bakat ini sangat penting untuk memperoleh kegembiraan dan kebahagiaan anda.

Jika anda mampu melahirkan keahlian tersebut di bidang keusahawanan, sudah tentu ia bisa mendatangkan keuntungan yang sangat lumayan. Contohnya jika anda bagus menggunakan tangan, coba anda fikirkan untuk membuat kerja sampingan untuk memperbaiki sesuatu. 


Anda juga bisa melakukan kerja plumbing atau yang berkaitan dengan pipa, jam, radio atau computer. Sekiranya anda minat berkebun, coba manafaatkan hobi ini dengan menawarkan jasa kepada orang lain, seperti membuat taman, menjual sayur-sayuran kepada orang lain, buah-buahan, benih dan sebagainya.

Seandainya anda suka berbicara dan berjumpa dengan banyak orang, anda mungkin bisa menjual sesuatu. Anda bisa melibatkan diri dalam jualan langsung, atau mangajar, atau menjual asuransi. Jika anda memiliki sesuatu keahlian, anda bisa mengajarkannya kepada orang lain, apakah secara bebas atau secara formal. 


Anda hanya akan bisa sukses jika anda melakukan kerja-kerja yang anda suka, yang mana ia menggunakan bakat anda dan bisa menyalurkannya kearah yang menguntungkan. Banyak orang yang berfikir hanya sebagian industri saja yang menguntungkan, padahal anda sebenarnya bisa sukses walau dalam bidang apapun. Ini sudah dibuktikan oleh jutawan-jutawan yang telah mengalaminya.

Jika anda mempunyai masalah untuk mendapatkan ide atau peluang, lebih baik cari rekan dan duduk bersama, ambil kertas kosong dan catatkan semua ide yang difikirkan.

Jangan dikritik semua ide yang diberikan, setelah itu barulah ide itu disaring dan dikaji serta dianalisis sehingga dapat diwujudkan satu penyelesaian. Tidak peduli berapa lama waktu yang di butuhkan, mungkin satu atau dua hari, seminggu atau sebulan, asalkan ia tidak dipendam begitu saja. Hal ini biasa berlaku, karena apabila kita ada ide tetapi tidak membuat tindakan apa-apa, akhirnya setelah bertahun-tahun kita tetap berada diposisi yang lama. 


Atau anda juga bisa melakukannya seorang diri, cari tempat yang sepi atau anda bangun pagi-pagi solat subuh, setelah itu anda jangan tidur lagi. Lupakan masalah sehari –hari dan tenangkan fikiran, atau lebih baik anda bangun malam untuk sembahyang tahajud. Insya Allah pekerjaan seperti itu akan memudahkan untuk mendapat ilham. 

Demikianlah mengenai rahasia mencari uang yang banyak, ia dalah satu usaha yang terpadu atau bergabung. Satu usaha akan menguatkan usaha yang lain. Penulis juga ingin mengingatkan bahwa perkara-perkara diatas perlu didukung dengan perkara-perkara yang disuruh oleh agama seperti berdoa, sedekah, zakat, menolong orang dan sebagainya. 

Hal ini sangat perlu karena setiap kebaikkan akan dibalas dengan kebaikan dan semua usaha hanyalah datang dengan berkat dan rahmat dari Allah SWT. Kita juga harus tawakkal, dan sebagai orang beriman kita harus senantiasa ridha dan mengkaji setiap kebaikan dan keburukan. Mudah-mudahan Allah akan memberi rezeki yang melimpah kepada kita.

No comments :

Post a Comment