Artikel Terbaru

Kelinci Jenis Lion Hasil Silangan Kelinci Anggora dan Lokal



Cara agar Kelinci Peliharaan Menghasilkan Keturunan Kelinci Jenis Lion
Kelinci Jenis Lion Primadona Kelinci Hias Baru
Kelinci merupakan hewan peliharaan yang sangat lucu, imut dan menggemaskan. Ternyata, seperti halnya manusia, kelinci juga memiliki banyak ras atau jenis, dimana masing-masing jenis memiliki ciri-ciri yang unik dan berbeda-beda.

Beberapa kelinci yang banyak dipelihara dan dibudidayakan di Indonesia antara lain: jenis Lokal, Rex, Flamish Giant, Anggora, Holland Lop, Fuzzy Lop, Mini Lop, Dutch, Dwarf Hotot, Satin, New Zealand , American Chincilla, American Sable, Californian, Polish, Tan, English Spot, Harlequin, Himalayan, Havana, Lion dan masih banyak lagi.

Dari beberapa jenis kelinci tersebut, berikut adalah beberapa kelinci yang paling populer dibudiayakan:
  1. Jenis Lokal (kelinci konsumsi)
  2. Jenis Rex (kelinci konsumsi / hias)
  3. Jenis Dutch (kelinci hias)
  4. Jenis Anggora (kelinci hias)
  5. Jenis Falmish Giant (kelinci konsumsi)
  6. Jenis Fuzzy Lop (kelinci hias)
  7. Jenis new Zealand (kelinci konsumsi)
  8. Jenis Himalayan (kelinci hias)
  9. Jenis Lion (kelinci hias)
Nah, yang akan dibahas pada tulisan ini adalah kelinci jenis “Lion”, atau sering disebut juga “Lion Head”, atau “Lyon”. Kelinci jenis Lion ini masih tergolong langka dan harganya pun lumayan cukup mahal. Mendengar namanya, kita pasti berasumsi bahwa kelinci jenis ini tentu memiliki kemiripan dengan “Si Raja Hutan” atau singa. Ya, memang benar, kelinci jenis Lion ini memang tampak mirip seperti singa. Tetapi jangan takut dulu, meskipun namanya Lion, tapi kelinci jenis ini tidak galak seperti halnya singa lho, tetapi tetap imut, lucu dan unik.

Beberapa keunikan kelinci jenis Lion yang tidak terdapat pada jenis kelinci hias lainnya antara lain:
  1. Ukuran postur tubuh lebih besar dibandingkan kelinci jenis lokal
  2. Bulu lebat, tetapi tidak kusut dan tidak mudah rontok
  3. Terdapat bulu yang tumbuh lebih panjang pada bagian wajah dan leher / bagian bawah kepala, sehingga tampak seperti seekor singa jantan
  4. Terdapat bulu yang tumbuh lebih panjang pada bagian kedua sisi tubuh bagian bawah (di bagian kaki belakang), sehingga tampak seimbang dengan bulu yang tumbuh bagian wajah dan leher / bagian bawah kepalanya
  5. Terlihat lebih lucu jika dibandingkan dengan kelinci jenis anggora
Dari beberapa sumber yang telah saya baca, ternyata kelinci jenis Lion ini bukanlah kelinci yang telah ada sejak dulu, tetapi merupakan hasil persilangan antara kelinci jenis anggora dengan kelinci jenis lokal.

Nah bagaimana jika kita ingin kelinci peliharaan kita menghasilkan keturunan jenis Lion?

Berdasarkan pengalaman saya, berikut adalah cara agar kelinci peliharaan kita menghasilkan keturunan jenis Lion:
  1. Sebelumnya kita harus memiliki kelinci jantan jenis anggora dan kelinci betina jenis lokal. Mengapa demikian? Sebab berdasarkan pengalaman, jika kelinci jantannya jenis lokal, dia malahan ketakutan karena kelinci betinanya (jenis anggora) postur tubuhnya lebih besar, sehingga terkadang berkelahi atau jantannya dikejar-kejar oleh si betina.
  2. Kawin silangkan kedua jenis kelinci tersebut.
Setelah kurang lebih 1 bulan, jika perkawinannya suskses, si betina (jenis lokal) akan menghasilkan keturunan / anak yang berbeda-beda, yaitu sebagian mirip si induk betina (berbulu pendek) dan sebagian lagi mirip si induk jantan (berbulu tebal). Uniknya, meskipun berbulu tebal, tetapi ada perbedaan yang mencolok antara jenis anggora dengan anak hasil kawin silang ini. Nah, inilah yang disebut sebagai kelinci jenis “Lion”. Sehingga sebagian orang mengatakan bahwa kelinci jenis Lion ini merupakan kelinci anggora yang tidak jadi / gagal. Walaupun dikatakan tidak jadi / gagal, kelinci jenis ini kini menjadi salah satu primadona kelinci hias yang lumayan populer. 

Berikut adalah foto kelinci jenis Lion peliharaan saya:

Kelinci Jenis Lion Tampak Samping

Kelinci Jenis Lion
Kelinci Jenis Lion Tampak Depan

Kelinci Jenis Lion
Kelinci Jenis Lion Tampak Depan

Kelinci Jenis Lion
Kelinci Jenis Lion Tampak Atas

Anda mau memilikinya ??? Selamat bereksperimen…

2 comments:

  1. mantap gan, bila butuh contoh2 skripsi jurusan komputer, teknik informatika, sistem informasi, komputer akuntansi dan manajemen informatika, kunjungi:

    http://www.skripsikomputer.com

    ReplyDelete