Artikel Terbaru

Kiat Sukses Budidaya Gurame di Kolam Terpal pada Lahan Sempit di Halaman Rumah

Ikan gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang bernilai ekonomis tinggi dan cocok dibudidayakan di Indonesia. Dengan semakin majunya teknologi pada jaman sekarang, budidaya ikan gurame yang bernilai jual tinggi ini bisa kita lakukan di kolam terpal pada lahan sempit di pekarangan atau halaman rumah. Dengan sistem yang semi modern, hasil yang dapat kita peroleh dari budidaya ikan air tawar gurame ini bisa meningkat dengan baik, asalkan kita mau menekuni usaha ini.

Kiat Sukses Budidaya Gurame di Kolam Terpal pada Lahan Sempit di Halaman Rumah
Ikan Gurame (Osphronemus Goramy)
Dalam budidaya ikan gurame ini, ada beberapa fase yang bisa kita lakukan, dan ini tidak semuanya perlu kita jalani. Cukup pilih salah satu saja dan hal tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang fantastis. Fase tersebut yakni: pemijahan telur, pembesaran anak gurame yang baru menetas / larva, pendederan dari larva sampai ukuran jari, ukuran silet / korek, ukuran rokok, sampai ukuran konsumsi dan indukan.

Oleh karena itu untuk memperoleh keuntungan besar dari pembudidayaan ikan gurame ini tidak asal-asalan, dan itu semua ada teknik dan ilmunya. Tidak semua orang bisa sukses dalam budidaya gurame ini, karena mereka mengabaikan beberapa hal penting yang seharusnya dilakukan.

Dalam tulisan ini saya mencoba membagikan ilmu kiat sukses budidaya gurame, terutama dalam fase penetasan telur dan pembesaran gurame. Karena banyak sekali orang yang gagal dalam fase ini karena mereka kurang mengetahui ilmunya. Memang pengalaman juga memegang peranan penting, namun teknik dasar juga perlu dipelajari untuk membuat kita sukses dalam budidaya ikan gurame ini.

Dikarenakan cara dan teknik budidaya gurame ini sangat panjang, maka kurang pas kalau ditulis di sini dan yang pastinya akan sangat panjang dan membingungkan, maka dari itu saya sudah menguploadnya dalam bentuk video yang bisa sobat tonton / akses di YouTube, sehingga sobat akan lebih mengerti.

Berikut adalah video kiat sukses budidaya dan pendederan gurame di kolam terpal pada lahan sempit di pekarangan / teras rumah dengan sistem resirkulasi dan aquaponik. Dengan peralatan yang sederhana, maka kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Dalam video ini sobat bisa mengetahui bagaimana cara pendederan ikan gurame mulai dari telur, larva, lidi, jari, korek sampai siap tebar pada kolam terpal dengan teknik resirkulasi dan aquaponik semi modern untuk meningkatkan hasil secara maksimal. Silahkan tonton videonya sampai selesai agar sobat semua bisa mendapatkan ilmunya. Semoga bermanfaat.


Atau tonton videonya di YouTube secara langsung: https://www.youtube.com/watch?v=RB1nZX-wNPo

Teknik budidaya ikan gurame ini sangat cocok dilakukan untuk yang tidak memiliki lahan luas atau di daerah perkotaan.

Tidak ada komentar