Artikel Terbaru

Contoh Rumput dan Tanaman untuk Pakan Kelinci

Kelinci Anggora sedang makan
Kelinci Anggora
Kelinci adalah hewan yang lucu, imut dan menggemaskan. Untuk itu, kita tidak mau kelinci yang kita sayangi sakit atau mati karena kesalahan memberi pakan. Secara umum pakan kelinci adalah pelet, rumput, umbi-umbian, biji-bijian dan sayuran. Berikut ini akan diuraikan beberapa macam rumput / tanaman untuk pakan kelinci yang mudah ditemukan di sekitar kita.

1. Rumput Kering

Rumput kering bisa diperoleh dari kebun belakang rumah, jangan lupa dilayukan dulu, agar kandungan airnya berkurang, supaya kelinci tidak mencret.

Rumput Kering Pakan Kelinci
Rumput Kering

2. Legetan

Orang sunda biasa menamakannya sintrong / jalitrong. Rumput ini sangat disukai kelinci dan banyak tumbuh liar di kebun.

Legetan, Sintrong, Jalitrong
Legetan

3. Ubi Jalar

Ubi jalar juga merupakan makanan yang sangat disukai kelinci, ubi jalar (daun dan umbinya) bisa diberikan kepada kelinci kesayangan kita.

Ubi Jalar Pakan Kelinci
Ubi Jalar

4. Pepaya

Daun pepaya baik diberikan kepada kelinci kesayangan kita. Selain daunnya yang berfungsi sebagai obat, buahnya juga dapat diberikan sebagai tambahan vitamin.

Pepaya pakan kelinci
Pepaya

5. Daun Singkong

Daun singkong / ketela pohon dapat juga diberikan kepada kelinci dengan syarat harus dilayukan dulu supaya racun / getahnya hilang (berkurang). Sebaiknya diberikan sebagai makanan tambahan saja.

Singkong pakan kelinci
Singkong / Ketela Pohon

6. Pisang

Pisang (yang telah masak) dan daunnya bisa juga diberikan kepada kelinci sebagai makan tambahan.

Pisang pakan kelinci
Pisang

7. Rumput Tegalan / Gulma

Rumput Tegalan / Gulma banyak ditemukan di kebun dan pinggir pematang sawah. Rumpu jenis ini mengandung serat yang tinggi dan sangat bagus diberikan kepada kelinci.

Rumput Tegalan / Gulma Pakan Kelinci
Rumput Tegalan / Gulma

Tidak ada komentar